Para Genius Musik yang Abadi

      Orang Genius bukan hanya dari kalangan ilmuwan saja. Musikus banyak juga yang genius. Dunia mempunyai banyak musikus genius. Tapi, sudah berapa banyak yang kita kenal? Maka hari ini aku akan memperkenalkan sedikit genius-genis musik yang kuketahui.



1.)Sebastian Bach,    Melodi Indahnya Abadi
      Johann Sebastian Bach (1685-2750) adalah seorang musikus dari Jerman yang dianggap sebagai musikus terhebat pada zamannya. Sejak umur 10 tahun, Bach sudah menjadi yatim piatu. Dia diasuh dan diajar bermain musik oleh kakak sulungnya. Bach sangat mahir bermain organ. Oleh karena itu, Ia bisa bekerja sebagai pemain organ di berbagai tempat.

Bahkan, Bach sempat diangkat sebagai direktur Sekolah Musik St. Thomas di kota Leipzig. Bach banyak mencipta karya musik. Bach tidak  hanya mengarang musik untuk organ saja, tetapi juga untuk flute, biola, dan alat-alat musik lainnya. Sampai sekarang nama Bach masih sering disebut orang karena karyanya yang banyak dikagumi.


2.Mozart, Si Penyihir Cilik
     Mozart adalah musikus genius yang berasal dari kota Salzburg, Austria. Ia dikenal sebagai musikus berbakat sejak masih balita. Bayangkan! Ketika berumur 3 tahun Mozart sudah bisa memainkan piano tanpa ada yang mengajarinya dan pada umur 6 tahun ia sudah bisa menciptakan sebuah lagu untuk dimainkan dengan biola dan piano. 
      


     Mozart dibawa untuk bermain piano di depan raja Bayern di München. Pada bulan September 1762,  Di sana Mozart bermain piano di depan Ratu Maria Theresia yang terpukau akan keahlian permainan Mozart dan Nannerl. Setelah konser ini, Mozart harus mengikuti konser yang cukup panjang selama tiga tahun yaitu Paris (1763, 1765) dan London (1764-1765). Di tempat-tempat tersebut, Mozart mengadakan konser di depan raja-raja dan juga diuji oleh mereka. Antara lain dengan mengimprovisasi tema-tema yang diberikan oleh penguji dengan mata yang ditutup selembar kain. Mozart disambut sebagai anak ajaib di segala tempat. Di London, dia juga bertemu dengan anak dari Johann Sebastian Bach, yaitu Johann Christian Bach yang sering dipanggil sebagai English Bach. Mozart memainkan piano sonata dalam empat tangan sembari duduk di pangkuan Bach.

3.Beethoven, Mencipta Tanpa Mendengar

    Ludwig van Beethoven adalah seorang komponis musik klasik dari Jerman. Karyanya yang terkenal adalah simfoni kelima dan kesembilan, dan juga lagu piano Für Elise. Ia dipandang sebagai salah satu komponis yang terbesar dan merupakan tokoh penting dalam masa peralihan antara Zaman Klasik dan Zaman Romantik. Semasa muda, ia adalah pianis yang berbakat, populer di antara orang-orang penting dan kaya di Wina, Austria, tempatnya tinggal. Namun, pada tahun 1801, ia mulai menjadi tuli. 



     Ketuliannya semakin parah dan pada 1817 ia menjadi tuli sepenuhnya. Meskipun ia tak lagi bisa bermain dalam konser, ia terus mencipta musik, dan pada masa ini mencipta sebagian karya-karyanya yang terbesar. Ia menjalani sisa hidupnya di Wina dan tak pernah menikah.



4.Mendelsson, Menghidupkan yang Terlupakan
    Felix Mendelssohn merupakan seorang komponis berkebangsaan Jerman. Dia mengingatkan kembali satu karya besar Bach yang berjudul St. Matthew Passion yang telah terlupakan. Dia menjadi komponis terkenal di seluruh Eropa. Mendelssohn dipuji sebagai orang yang telah berjasa menghidupkan kembali karya besar yang terlupakan.

 

   Mendelssohn adalah musikus yang berbakat. Dia sudah menjadi pianis sejak berumur 9 tahun. Satu tahun kemudian, dia sudah mulai menciptakan karya musih. Pada umur 18 tahun, dia menciptakan karya terhebatnya Midsummer Night's Dream.

    Ituah beberapa genius-genius luar negeri yang sangat terkenal. Sebenarnya masih banyak genius-genius yang lain di luar maupun didalam negeri kita ini. Namun, yang kuceritakan diatas kurasa sudah cukup untuk menambah ilmu kita. Oh iya, tiap sub-judulnya berbeda warnanya, itu merupakan warna bendera negara asal mereka. Sekian

Nb: aku mempunyai blog musik lho, tolong dikunjungi ya... Disini  ^^ 
 

20 komentar:

  1. musisi indonesia mungkinkah akan mengikuti jejak mereka jangan bisanya meniru

    BalasHapus
  2. hmm, yang pernah dengerin cuma shympony no. 25 in G nya Mozart..

    like it..

    :)

    BalasHapus
  3. pemain musik yang terkenal sepanjang masa

    BalasHapus
  4. Claude Debussy gak masuk ya? padahal buatku beliau jenius lho :)

    BalasHapus
  5. Suka dengan musisi luar ya...
    moga musisi Indo bisa seperti mereka juga ya...menghasilkan karya yg lebih bagus dan bermanfaat.

    BalasHapus
  6. @warsito ya,, mudah2an bisa lah.... tapi ada lho beberapa musisi Indonesia yang genius.....

    BalasHapus
  7. sang Maestro semua itu gan
    mereka hebat

    BalasHapus
  8. Hebat..
    walaupun belum pernah dengar karya mereka

    BalasHapus
  9. bagus sekali ini postingannya... mengingatkan akan sosok2 paling besar perannya ^^

    BalasHapus
  10. saat itu belum ada kamera yah jadi fotonya kayak lukisan g2....

    BalasHapus
  11. dulu tante senang sekali dengar istrumental musik klasik... karya mereka keren... dan abadi ... gak spt lagu bang toyib .... hheheee..

    BalasHapus
  12. @Obat Sakit 2011 benar,, semoga musisi kita bisa mengikutinya,, jangan hanya timbul, sebentar hilang.... -_-

    BalasHapus
  13. @dunia kecil indi ya... maaf ya.... aku kan gak semuanya tahu,, hehe....
    masih pemula -_-'

    BalasHapus
  14. @dunia kecil indi ya... maaf ya.... aku kan gak semuanya tahu,, hehe....
    masih pemula -_-'

    BalasHapus
  15. Para maestro yang karya-karyanya tidak bisa dilupakan sepanjang masa dan menjadi inspirasi musisi-musis dunia.

    BalasHapus
  16. nak..dizaman kakek bunda masih ada...beliau punya lho piringan hitam musik2 klassik...dan bunda paling senang dengarnya sewaktu masih kecil....

    BalasHapus
  17. kenapa tak ada orang indonesianya? masukkanlah satu atau dua, biar kita tambah cinta dengan negri ini

    BalasHapus
  18. @Muhammad A Vip nanti akan dimuat dalam postingan berikutnya

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya,

Pages