TUTORIAL MEMBUAT animasi air bergelombang menggunakan 3dsmax

TUTORIAL MEMBUAT animasi air bergelombang menggunakan 3dsmax
Nama Anggota :     Burhan R.Muslim
                                Faisal
                                Joe
                                Lungguh Syam P
                                Malik Abdul Aziz

               
Pertama-tama, pastikan anda mempunyai 3ds max, namun kali ini kami menggunakan 3ds max 2016.
Buka aplikasi 3ds max 2016, kemudian muncul tampilan seperti berikut.











Membuat kolam sederhana
Pilih menu create yg bergambar matahari, dan klik  box  


Kemudian bikin box kira2 untuk ukuran kolam berenangnya, dengan cara mendrag pada view perspective (view pojok kanan bawah).
Kira2 seperti ini bentuknya dan tampilannya



Kemudian, klik  kanan pada box tersebut, dan pilih convert to > convert to editable poly
Kemudian akan tampak disebelah kanan, beberapa aksi tambahan yang bisa kita lakukan pada box seperti digambar ini.




Kemudian klik poligon , kemudian klik sisi box bagian atas.           
Kembali ke menu tambahan di sebelah kanan bawah, scroll kebawah hingga menemukan insert, dan klik kotak sebelah kananya, hal ini bertujuan agar kita membuat poligon baru di dalam poligon yang telah kita pilih sebelumnya. Dan perkirakan ukuran poligon tersebut. Kemudian klik centang(ok). Seperti gambar berikut.
Sekarang kita akan membuat box tersebut seperti kolam, dengan cara pilih poligon yang baru kita buat, dan pilih kotak disebelah extrude, dan angka tersebut menuntukan polygon tersebut naik atau turun. Karena kita akan membuat seperti kolam, maka kita menurunkan bilangan menjadi min(-)  sesuai ukuran yg kita inginkan. Kemudian pilih centang(ok)
Membuat air yang bergelombang.
Pertama-tama, pilih plane pada menu create, seperti saat kita ingin membuat box pertama kali.
Kemudian, kita membuat plane seperti ukuran box, agar mudah, kita membuatnya pada view top (view kiri atas). Dan pada kanan bawah, kita perbanyak length segs dan width segs, hal ini bertujuan untuk memperbanyak polygon pada plane, dan membuat animasi gelombang pada air tampak lebih halus.
Kemudian, pada keyboard, klik “w” unutk menggerakkan  objek, saat ini, kita akan emindahkan plane katas agar menjadi permukaan air pada kolam. Untuk memindahkan kearah atas, cukup mendrag panah z(biru) ke arah atas.  Hingga seperti gambar berikut. 
Kemudian klik “q” pada keyboard, bertujuan untuk kursos menjadi seperti semula.
Untuk membuat plane seperti gelombang, klik menu modify (sebelah kanan create), kemudian plih modifier list, kemudian pilih wave seperti gambar berikut.






Maka akan muncul tampilan berikut.
Atur amplitude dan wave length sesuai dengan yang kita inginkan, namun kami mengatur seperti berikut.
Untuk membuat membuat animasinya, pada bagian bawah 3dsmax, pilih “auto key”, kemudian pindahkan bar frame ke angka 100, dan ubah phase pada menu modify menjadi 5. Kemudian klik “play” jika ingin melihat animasinya.  Jika sudah, klik kembali “auto key” .  Berikut ini contoh gambarnya.




Membuat plane menjadi transparan seperti air
Untuk membuat plane menjadi transparan seperti air, klik “m” pada keyboard, kemudian klik 2 kali pada standart, dan akan muncul standart material di menu view, dan klik 2 kali pada standart material tersebut, sehingga muncul menu lanjutan pada sebelah kanan.
Pilih kotak disebelah kanan difuse dan atur warna sesuai dengan keinginan, dan atur opacity menjadi 40, hal ini bertujuan untuk mentransparankan warna dari material tersebut. Jika sudah, klik dan tahan buletan kecil berwarna kuning ke arah plane, hal ini bertujuan untuk memasukkan material tersebut ke plane yang sudah dibuat.  Berikut contohnya
Untuk membuat videonya, klik “F10” pada keyboard, pilih active time segment. Pilih tempat kita akan menyimpan videonya dan pastikan dalam format .avi.  Kemudian pilih render untuk membuat video.


Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentarnya,

Pages