Sedikit Pengetahuan Tentang Hamster

      Sebagai pecinta hamster (cie), aku ingin berbagi sedikit pengalamanku dalam dunia hamster. Hamter adalah binatang lucu dan sangat asyik untuk dipelihara, selain jinak dan tidak berisik, ia sangat mudah dipelihara, badannya juga bersih dan bulunya bagus. Dan kalau mau, ia juga mau diajak kemana-mana, seperti dimasukkan dalam kantong, ditaruh di pundak, iih, lucu deh...... OK, sekarang aku ingin membagi pengalamanku dalam merawat hamster-hamsterku selama hampir 4 bulan.

Dipilih Dipilih....!!!
Hamster Jenis Syrian

Hamster Jenis Roborovski

     Ada banyak jenis hamster yang bisa sobat  pilih. Contohnya hamster teddy bear yang memiliki bulu yang gondrong, sehingga disebut dengan hamster anggora. Ada juga hamster Syrian yang memiliki tubuh besar, namun sangat jinak. Nah, kalau mau memilih yang kecil dan imut, ada juga hamster jenis campbell yang kecil dan imut abieezzz, tapi jangan salah, sifatnya tak seimut tubuhnya, hamster ini sangat agresif dan galak, lho. Selain yang disebutkan diatas masih banyak lho, jenis-jenis hamster yang lainnya, yang gak bisa disebutin semuanya. Tapi, jangan salah pilih, ya, pilihlah hamster yang sehat, bulunya bagus, matanya jernih, dan selalu lincah bergerak.



Hamster Jenis Winter White

Kandang Hamster
     Bukan hanya manusia yang butuh rumah, hewan juga, termasuk hamster. Pilihlah kandang yang sesuai keinginan. Jenis kandangnya ada banyak, ada yang dari besi, ada yang dari plastik,dll. Tapi tak sedikit orang memelihara hamster di dalam akuarium. Boleh boleh saja kok, tapi pilihlah yang berukuran tidak kurang dari 10 liter. Di lantai kandang letakkan serbuk kayu (bisa diminta di mebel), selain sebagai alas yang menampung pipis hamster, serbuik kayu ini berguna juga untuk menuangkan hobi si hamster yang suka mengacak-acaknya layaknya hewan pengerat. Dan karena hamster itu tak pernah diam, belikan dia mainan berupa roda (biasanya  kalau beli kandang yang lengkap pasti ada, tapi kalau menggunakan akuarium, ya, harus dibeli) untuk tempatnya berlari-lari. Roda ini selain untuk pengusir bosan hamster, juga berfungsi untuk memanjangkan badan hamster. Pokoknya, buatlah hamster itu nyaman di "rumah"nya. Beberapa bentuk kandang hamster:




Makanan Hamster
     Sebaiknya jangan gunakan mangkok untuk untuk meletakkan makanan hamsternya. Letakkan saja di lantai kandang. Berilah makanan secukupnya. Jangan kebanyakan dan jangan terlalu sedikit pula. Makanannya bisa berupa biji bunga matahari (kwaci), dan berbagai makanan lainnya seperti sayuran dan buah-buahan.

Meski Imut Suka Stres
    Meskipun dia imut-imut dan menggemaskan, hamster itu gampang stres. Salah satu penyababnya adalah kalau kita lupa menjauhkannya dari anjing dan kucing. Kedua binatang ini adalah musuh hamster. Kalau hamster melihat kedua binatang ini, ia langsung stres dan tak lama kemudian mati. Satu lagi, jangan pernah meletakkan kantong / kotak persediaan makanan hamster di dekat kandangnya. Karena hamster selalu ingin meraih makanan itu. Karena tak pernah berhasil meraihnya, akhirnya ia putus asa dan.... stres. Waduuh....!!!

Perlu Disisir dan Dipotong
    Hamster, khususnya Teddy Bear yang memiliki bulu yang panjang perlu disisir dengan sisir yang lembut. Kalau kita rajin menyisir rambutnya, hamster pun akan terlihat indah. Jangan lupakan kukunya. Kalau sudah panjang sebaiknya dipotong, sebab kuku yang panjang bisa melukai dirinya. Oh, ya, jangan lupa setiap pagi beri hamster itu bedak, agar gak kutuan.

Tidak Sehat? Bawa ke Dokter!
    Ke dokter? Heeh! hamster harus segera dibawa ke dokter hewan jika sakit. Jadi, sobat harus memperhatikannya dengan teliti. Apakah dia meneteskan air mata? Apakah ia meneteskan air liur? Apakah ia lesu dan murung? Kalau hamster kita seperti itu, Waah..... segera deh periksakan ke dokter.

Nah, sekian dulu, ya sedikit pengetahuan dariku. Oh, ya, kalau sobat memeliharanya dengan baik, sih, tak usah takut. Bahkan ia akan hidup sehat, bahagia, dan panjang umur sampai sekitar 2-4 tahun. Selamat memelihara hamster.....

30 komentar:

  1. Hamster memang binatang lucu..saya juga suka. Cuman sayang belum punya, takut orang rumah maarah!heheh

    BalasHapus
  2. Amsster2 yg lucu...imut...gemesin deh...
    tapi jg nambah uang jajanmu...utk makanan,bedak dll...

    BalasHapus
  3. Imut-imut baget ya, tapi kalau dipelihara dirumah saya bisa habis dimakan kucing tuh, kucing di rumah saya gede2 banget

    BalasHapus
  4. @Bunda Loving: biarin,, namanya juga hobi.....
    lagian kan duit jajan sendiri.....

    BalasHapus
  5. @ilmu komputer pemul: hehe,,, iya ya, bisa dicaplok ntar....

    BalasHapus
  6. saya lebih suka ngerawat tanaman daripada hewan.
    lain halnya dengan anak saya, awalnya punya hamster 2, sekrang beranak pinak malah bingung dikasihkan temen temennya

    BalasHapus
  7. pingin miara, tapi takut ngga bisa dan mati... lucu bentuk dan kelakuannya

    BalasHapus
  8. saka gak suka miara binatang bro, cukup lihat saja lah yang penting hidup bareng dengan damai

    BalasHapus
  9. gemes deh liat hamster...tapi. tp klw yg galak aq malah takut digigit. hehehe

    BalasHapus
  10. @Djangan Pakies: wah,, kalau begitu sama dong degan ortu ku....
    ortu ku pecinta tanaman, lho

    BalasHapus
  11. wah kalo saya, nggak ada waktu buat melihara hamster.. emang lucu sih, tapi saya sering pergi. kasihan malah ntar nggak keurus.

    kalo liat kandang yang begituan, rasanya harganya mahal deh >.<

    BalasHapus
  12. Wahhh...hamsternya imuuuutt..
    Dari dulu pengen pelihara hamster, cuma saya takut hamsternya mati, soalnya ngurusin diri sendiri aja udah meragukan.hiks..

    BalasHapus
  13. @Gaphe: wah,, kalau begtu emg makruh tuh, melihara hamster,, bisa2 mati lagi....

    BalasHapus
  14. @Irly: asal dirawat sih sebenarnya gak apa2.... hehe....

    BalasHapus
  15. iihhhhh lucu banget .... iya tuh anak tante udah lama pengen memeliharanya ... tapi tante kwatir ... dia gak mau membesihkan kanangnya..

    BalasHapus
  16. ihhh,kena gue geli ya..oh ya nama hamster nya kemarin siapa?kok ngak ada kabar beritanya

    BalasHapus
  17. lucu2 mas hamsternya,klo di jawa tengah namanya marmut .aku juga pernbah pelihara..

    BalasHapus
  18. @Hariyanti Sukma: gampang kok tan, bersihkan kandangnya.... ical aja suka dibantuin bunda bersiin kandangnya......

    BalasHapus
  19. @I-one: la, kan udh dibikin di postingan berjudul: aku datang membawa award

    BalasHapus
  20. @wage: marmut ama hamster beda,lho, marmut badannya lebih gede....

    BalasHapus
  21. Hehehe, landak mini juga imut lho. :D
    Tapi mahal.... :(

    BalasHapus
  22. @Asop: hehe,, iya, aku juga pernah liat....

    BalasHapus
  23. jimmyboom@ymail.com20 Juli 2011 pukul 04.43

    hamster boleh ga minum teh

    BalasHapus
  24. @jimmyboom@ymail.com: setahuku sih boleh,, tapi lebih baik air putih aja....

    BalasHapus
  25. Ak lagi cari kandang hamster yg murah tp gede brp duit....

    BalasHapus

Terimakasih atas komentarnya,

Pages